Di sajadah Panjang mu Aku Bersujud Padamu Ya Allah...

سم الله الرحمن الرحيم


Assalamualaikum,,,,wr.wb,,,,
Alhamdulillah, segala Puji hanya bagi Allah SWT, yang senantiasa memberikan berjuta kenikmatan kepada semua hamba-Nya

Semoga sholawat dan salam terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, kepada sanak keluarga beliau dan para sahabat beliau...Amin.

Sahabatku Ketahuilah,,,,

    “Barang siapa laki-laki maupun perempuan,yang dikaruniai shalat Tahajud,maka ia akan bangun karena Allah dengan penuh keikhlasan,wudhu sempurna,mendirikan shalat,serta mata berlinang air mata.Maka Allah akan menempatkan di belakangnya sembilan shaf dari para malaikat yang setiap shafnya tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah SWT.Satu shaf itu ada diujung timur dan yang lain di barat.Jika ia selesai tahajud,maka dicatat derajat menurut bilangan para malaikat tersebut.”Subhanallah…



Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda:
    “Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan, dan siapa yang yang memohon ampun kepadaKu, maka akan Aku ampuni”.Demikianlah Keadaanya Hingga terbit Fajar.(HR.Bukhori-Muslim) Subhanallah..

     Sahabatku Ketahuilah.....
    "Tidak Ada Yang Bisa Memadamkan Api neraka Kecuali Air mata, Yaitu Air Mata seorang Hamba yang memohon Ampun, Air Mata Tobat" Sungguh Tahajud adalah saat yang Termustajab Bagi Seorang Hamba Untuk Bertaubat.Tiada Yang Melihat, Jauh dari Pamer, Dekat Dengan Ikhlas air mata saat Tahajud adalah air mata Tulus. Hanya Keheningan dan Para Malaikatlah saksi Seoarang Hamba yang Bersimpuh Berserah Diri di hadapan Allah Swt.
Ditengah kegundahan hati, keresahan yang kita rasakan mengadu hanya kepada Allah sampai meneteskan air mata menjadikan kegundahan hati menjadi lega. Hal itu juga dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw yang setiap saat dalam sholat tahajudnya senantiasa meneteskan air matanya. Sebagaimana yang dituturkan oleh Aisyah,
 ''Dan Rasulullah duduk sambil terus menangis hingga tanah menjadi basah. Lalu datang Bilal mengumandangkan adzan. Waktu Bilal melihat Rasulullah menangis, Bilal bertanya, 'Wahai Rasulullah, kenapa engkau menangis sedangkan Allah telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?' Rasulullah menjawab, 'Apakah engkau tidak suka, jika aku menjadi hamba yang bersyukur?'(Subhanallah)

     "Orang Yang Baik Menurut Rasulullah bukanlah orang yang tidak Pernah salah, tapi Orang Yang apabila berbuat Kesalahan segera memohon ampun, memperbaiki kesalahannya, dan berjanji tidak akan mengulanginya"Subhanallah..

    Alangkah indahnya hidup ini bila kita bisa menangis sewaktu kita sholat tahajud, menangis dihadapan Allah sebab hanya kepada Allahlah yang layak menumpahkan semua cucuran air mata kita. Air mata kebahagiaan dunia dan akherat karena sebuah kecintaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Semoga Allah Ta'ala menjadikan kita orang-orang yang mau berbudi pekerti luhur, sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad s.a.w.

Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.
 
Yuk, jangan lupa ya..sholat tahajud malam ini...mari sama-sama kita kita muhasabah diri... 

“Barang siapa laki-laki maupun perempuan,yang dikaruniai shalat Tahajud,maka ia akan bangun karena Allah dengan penuh keikhlasan,wudhu sempurna,mendirikan shalat,serta mata berlinang air mata.Maka Allah akan menempatkan di belakangnya sembilan shaf dari para malaikat yang setiap shafnya tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah SWT.Satu shaf itu ada diujung timur dan yang lain di barat.Jika ia selesai tahajud,maka dicatat derajat menurut bilangan para malaikat tersebut.” Subhanaalah…

 Salah satu sholat sunnah yang memiliki nilai yang tinggi di mata Allah (insya Allah) adalah sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari, setelah bangun tidur. Pelaksanaan sholat tahajud ini akan bernilai lebih jika dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir.




Sebelum perintah sholat lima waktu turun, Rasulullah Muhammad SAW pernah memerintahkan para pengikutnya untuk melakukan sholat tahajud. Hal ini tersirat dalam beberapa hadist: 
Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda : “ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW : “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )



 Selain itu, Allah sendiri juga berfirman: “ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (QS : Al-Isro’ : 79)
Subhanallah

Berdasarkan hadist Rasulullah Muhammad saw, sholat tahajud memiliki 9 keutamaan, yang terbagi menjadi 5 keutamaan di dunia dan 4 keutamaan di akhirat kelak. Hadist yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud adalah: “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat"subhanallah

Adapun 5 keutamaan sholat tahajud di dunia adalah:
  • Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  • Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
  • Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
  • Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
  • Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.Subhanallah
Selain 5 keutamaan di dunia, sholat tahajud juga memiliki 4 keutamaan di akhirat kelak. Keutamaan sholat tahajud di akhirat kelak adalah:
  • Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
  • Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
  • Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
  • Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.Subhanallah.

Semoga Allah mengabulkan doa-doa hambaNya yang berserah diri pada saat-saat keheningan sepertiga malam dengan melaksanakan sholat sunah tahajud. Oleh karenanya, jangan lupa pula untuk selalu sadar diri bahwa akan ada hidup sesudah mati. Di dunia ini kita hanyalah seorang pengembara yang singgah sebentar, lalu pergi kembali.





Comments (0)

Posting Komentar